PENYERAHAN BANTUAN JEMAAH MASJID UNTUK BENCANA GARUT

Kepada Yth,

Jamaah Masjid LIPI Bandung

Assalamualaikum wr wb

Dengan ini kami atas nama Pengurus DKM LIPI Bandung, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya  kepada jemaah masjid LIPI Bandung yang telah memberikan Infaq/ shadaqah untuk korban banjir bandang  di Garut pada tanggal 21 September 2016, dimana hasil pengumpulan melalui  2 kali kencleng yaitu, Jum’at, 30 September dan 7 Oktober 2016  telah terkumpul sebesar Rp9.270.000 (sembilan juta dua ratus tujuh puluh ribut rupiah).

Bantuan jamaah baru kami sampaikan pada Kamis, 3 Nopember 2016, penundaan ini dikarenakan menunggu waktu yang tepat, sehingga bantuan tepat sasaran. Besarnya bantuan  yang telah DKM LIPI Bandung siapkan adalah Rp20.000.000 (dua puluh juta rupiah), yang berasal dari infaq/shadaqah Jemaah sebesar Rp9.270.000 + Rp 10.730.000 (Dari Kas DKM LIPI Bandung).

Hasil pertemuan pengurus DKM LIPI Bandung pada tanggal 25 Oktober 2016, telah disepakati bahwa bantuan ini akan diprioritaskan untuk Infrastruktur yang rusak seperti masjid dan madrasah, karena bila diberikan langsung untuk para korban jemaah khawatir tidak mencukupi dan menimbulkan keributan akibat ada yang tidak kebagian bantuan.

Untuk hal tersebut pengurus DKM LIPI Bandung sepakat untuk membantu 2 buah masjid dan 2 madrasah yang rusak akibat diterjang bencana bandang masing-masing menerima bantuan Rp5.000.000. Namun pada kenyataan dilapangan kami tidak bisa memberikan semua bantuan ini, dikarenakan Lokasi kerusakan akibat banjir bandang ini adalah di bantaran sungai Cimanuk dan kerusakan yang paling parah adalah dibantaran sungai ini termasuk masjid dan sekolah banyak yang rusak.

Sebelum menyerahkan bantuan, kami pengurus DKM LIPI Bandung melakukan komunikasi dengan pihak terkait di Garut, agar bantuan ini betul-betul tepat sasaran. Maka berdasarkan rekomendasi dari pihak Kecamatan Haur Panggung, maka bantuan hanya ditujukan untuk 1 masjid dan 1 sekolah ibtidaiyah. Mengapa demikian,  ini dikarenakan lokasi bencana yang ada di bantaran sungai Cimanuk sepanjang 15 meter dari tepian sungai dilarang untuk dibangun kembali  dan akan dijadikan jalur hijau. Oleh karena itu kami hanya menyerahkan bantuan sebesar Rp 10.000.000 untuk dua lokasi bantuan. Sisa uang yang berasal dari Kas DKM yang tidak diberikan maka kami kembalikan lagi ke KAS DKM LIPI BANDUNG.

Demikian laporan singkat penyerahan bantuan ini kam sampaikan kepada para Jemaah Masjid LIPI Bandung. Atas perhatiannya kami  ucapkan terima kasih. Jaja kumullahi Khairon Katsiron

Wassalamualaikum wr wb

Tim Sekretariat DKM yang berangkat ke Garut adalah :

Haryadi Permana (Ketua DKM), Nanan Abidin (Sekretaris), M. Arifin Hidayat (Koordintor pelayanan Umat) dan Dadang Suherman (Imam Masjid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *